Rabu, 04 September 2019



Manfaatkan Google Form untuk Ujian Online


Foto: Ilustrasi ujian online berbasis google form

Salah satu tugas guru sebagai tenaga profesional adalah mengevaluasi peserta didik.
Dalam Undang-Undang nomor 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen ini yang dimaksud dengan; “Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.

Dalam hal evaluasi guru dapat mengembangkan ujian berbasis online. Dengan  memanfaatkan teknologi guru dapat melakukan ujian atau ulangan  dengan praktis dan efektif. Guru tidak perlu repot, menggandakan soal, mengoreksi jawaban siswa, menganalisis hasil ujian. Ujian secara online guru cukup menyiapkan soal yang tidak perlu digandakan lagi. Dengan memanfaat teknologi Informasi (TI) hasil ujian dan   analisispun langsung bisa diketahui.

Heinich dalam Bambang Warsita (2008:137-144),TI merupakan segala bentuk penggunaan atau pemanfaatan komputer dan internet untuk pembelajaran. Bentuk penggunaan/pemanfaatan teknologi informasi yakni :1) Tutorial, merupakan progam yang dalam penyampaian materinya dilakukan secara tutorial, yakni suatu konsep yang disajikan dengan teks, gambar baik diam atau bergerak, dan grafik; 2) Praktik dan dan latihan (drill and practice), yaitu untuk melatih peserta didik sehingga memiliki kemahiran dalam suatu keterampilan atau memperkuat penguasaa suatu konsep. Progam ini biasanya menyediakan serangkaian soal atau pertanyaan.”

Selain itu, Badan Standar Nasional Pendidikan (2010: 46-47) dalam rumusannya bahwa pendidikan di Abad-21 harus memperhatikan hal-hal berikut: (1) Pemanfaatan Teknologi Pendidikan, (2) Peran Strategis Guru/Dosen dan Peserta Didik, (3) Metode Belajar Mengajar Kreatif, (4) Materi Ajar yang Kontekstual, dan(5) Struktur Kurikulum Mandiri berbasis Individu.

Guru perlu membuat evaluasi belajar siswa yang mudah, praktis dan efektif.  Guru dapat memanfaatkan google form untuk ulangan atau ujian. Google Drive adalah adanya fitur pembuatan kuis yang bisa di setting pada penggunaan google formulir. Dengan adanya fitur ini tentunya akan sangat membantu Guru-Guru di dalam melakukan evaluasi materi-materi yang telah disampaikan ke peserta didik.

Dengan Google Forms, guru dapat membuat dan menganalisis ujian dengan mudah di peramban seluler atau web. Guru tidak diperlukan perangkat lunak khusus. Guru dapat mendapatkan hasil instan saat mereka masuk. Dan dapat meringkas hasil  ujian sekilas dengan diagram dan grafik.

Menggunakan google form tentunya memudahkan guru dan siswa dalam melaksanakan evaluasi. Aplikasi ini lebih praktis dan efektif untuk digunakan guru. Selain  bisa menghemat, kertas, guru tidak perlu lagi koreksi lembar jawaban siswa satu per satu. Ulangan lebih praktis, bahkan siswa bisa mengikuti ujian kapan saja dan dimana saja. Siswa juga  lebih senang dan bersemangat karena setelah selesai ujian langsung bisa mengetahui perolehan nilai.

Keuntungan lainnya aplikasi ini cara membuatnya mudah dan tidak memerlukan keahlian khusus. Adapun cara untuk membuat Google Forms: yang pertama guru cukup membuat akun google, selanjutnya buka.google.com, arahkan pada pilihan  drive, pilih drive saya, pilih lainnya, pilih Google formulir, beri nama formulir ujian, mulailah membuat soal di kolom pertanyaan dan membuat jawabannya di opsi yang sudah disediakan sekaligus membuat kunci jawaban, selanjutnya sesuiakan bentuk soal dan membuat soal sesuai jumlah yang diinginkan maka soal sudah siap unutk diujikan.
Setelah semua soal selesai disiapkan selanjutnya guru tinggal membagikan alamat yang bisa diakses oleh peserta didik untuk mengerjakan soal. Klik pada ‘kirim’, pilihlah tanda rantai. Nah kita ambil alamatnya untuk dibagikan kepada peserta ujian. Mudah bukan? Marilah para guru untuk belajat IT agar tidak gaptek.

Tidak ada komentar: