Koran sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA/MA
Pembelajaran
Bahasa Indonesia mencakup 4 aspek yaitu: Menulis, Membaca, Mendengarkan, Berbicara.
Dari keempat aspek tersebut aspek membaca dan menulis sangat berkaitan dengan
koran. Koran merupakan media cetak yang biasanya terbit harian, didalamnya
berisi berita-berita terkini dalam berbagai topik. Maka koran dapat
dimanfaatkan sebagai media pembelajaran yang sangat murah , terjangkau semua
lapisan,mudah didapat dan tidak mengurangi kualitas pembelajaran.
Koran merupakan
wujud tindak berbahasa yang berkembang di masyarakat. Koran dengan berbagai lingkup
penerbitan lokal, nasional, internasional) dapat dimanfaatkan guru sebagai
media pembelajaran bahasa indonesia khusunya di tingkat SMA/MA karena koran
memiliki berbagai keunggulan, diantaranya menarik, menyenangkan, aktif, kreatif,
analitis dan populer.
Walaupun sekarang di beberapa sekolah
telah melaksanakan kurikulum 2013,namun bagi siswa kelas XII dan sebagian
sekolah yang belum siap melaksanakan kurikulum tersebut,maka masih diperbolehkan
menggunakan kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Pembelajaran mata
pelajaran bahasa indonesia dengan KTSP sangat erat kaitannya dengan koran, baik
secara lisan maupun secara tertulis. Keterkaitan isi koran dengan materi
pembelajaran bahasa indonesia SMA/MA dapat dilihat dalam Peraturan
Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia
No 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi Kurikulum Tingkat Satuan
Pendidikan (KTSP).
Standar Kompetensi (SK) Kurikulum KTSP mnyeebutkan bahwa Pembelajaran bahasa Indonesia diarahkan untuk
meningkatkan kemampuan peserta didik untuk berkomunikasi dalam bahasa Indonesia
dengan baik dan benar, baik secara lisan maupun tulis, serta menumbuhkan
apresiasi terhadap hasil karya kesastraan manusia Indonesia.
Sesuai
Standar Kompetensi (SK) dan kompetensi dasar (KD) Kurikulum Tingkat Satuan
Pendidikan (KTSP) tersebut, tercantum bahwa kelsa X semester 1 dan 2 mempunyai
16 SK 36 KD kelas XI semester 1 dan 2.mempunyai 16 SK 34 KD dan kelas XII
semester 1 dan 2 memiliki16 SK 32 KD. Dari rincian SK dan KD tersebut minimal
ada 6 KD kelas X,5 KD kelas XI dan 5 KD kelas XII yang dapat memanfaatkan koran
sebagai media pembelajaran.
Selain uraian
materi mata pelajaran bahasa indonesia kelas X,XI,XII tersebut, isi
koran juga berkaitan dengan Peraturan
Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) nomor 0027/P/BSNP/IX/2014 tentang Kisi-Kisi Ujian Nasional untuk satuan
Pendidikan Dasar dan Menengah tahun pelajaran 2014/2015. Peraturan tersebut
memuat
Standar Kompetensi dan Indikator yang harus dipelajari dan dikuasai peserta
didik untuk lulus Ujian Nasional 2014/2015 untuk tingkat SMP/MTs sederajad dan
tingkat SMA/MA.Guru
juga dapat memanfaatkan Koran sebagai media pembelajaran .
Uraian isi koran
yang berkaitan dengan kisi-kisi ujian
nasional bahasa indonesia dalam Ujian Nasional 2014/2015 tingkat SMA/MA diantaranya
aspek Membaca meliputi Memahami isi dan bagian-bagian paragraf, tajuk rencana,
laporan, biografi tokoh, serta berbagai bentuk dan jenis paragraf ; memahami teks sastra berbentuk, puisi
baru, cerpen, novel, dan drama.
Menentukan unsur-unsur paragraf, ide pokok, kalimat utama, kalimat penjelas.
Menentukan isi paragraf: fakta, opini, pernyataan/jawaban pertanyaan sesuai
isi, tujuan penulis, arti kata/istilah. Menentukan opini penulis dan pihak yang
dituju dalam tajuk rencana/editorial. Menentukan isi dan simpulan grafik,
diagram atau tabel. enentukan unsur-unsur intrinsik/ekstrinsik
novel/cerpen/drama. Menentukan unsur-unsur intrinsik puisi.
Sedangkan aspek Menulis
meliputi mengungkapkan pikiran, gagasan, pendapat, perasaan, dan informasi
dalam berbagai jenis dan bentuk paragraf, kepadanan, kepaduan, ketepatan
kalimat, penggunaan bahasa, diksi, struktur kalimat, dan ejaan; mengungkapkan
pikiran dan gagasan dalam bentuk puisi, cerpen, novel ,kritik, esai, dan
resensi Menentukan kalimat esai.Menulis paragraf padu. Melengkapi berbagai
bentuk dan jenis paragraf dengan kalimat yang padu. Melengkapi paragraf dengan
kata baku, kata serapan, kata berimbuhan, kata ulang, ungkapan, peribahasa.
Menyunting penggunaan kalimat/frasa/ kata penghubung/istilah dalam paragraf.
Menulis judul sesuai EYD. Melengkapi larik puisi lama/baru (dengan kata
kias/berlambang/berima/bermajas). Menentukan kalimat resensi. Menentukan
kalimat kritik.
Selain hal – hal yang berkaitan
dengan materi pembelajara yang tercantum dalam SK & KD dan materi Ujian
Nasional tersebut, memanfaatkan koran sebagai media pembelajaran adalah dapat
menciptakan suasana yang menyenangkan dan ketertarikan/minat siswa karena koran
lebih bersifat masa kini, faktual.Bahkan, isi koran merupakan cerminan budaya
yang sedang berkembang di masyarakat sangat relevan dengan fungsi Standar
Kompetensi mata pelajaran Bahasa Indonesia yang merupakan sarana untuk
mengembangkan kemampuan dasar bagi peserta didik, yaitu untuk memahami,
merespon,mendiskusikan dan menanggapi kondisi masyarakat dalam tataran lokal,
regional, rasional, dan global. Dengan demikian, jelaslah bahwa koran dapat
menjadi media pembelajaran Bahasa Indonesia yang efektif, murah, menarik, kreatif
dan menyenangkan bagi siawa SMA/MA.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar