Sabtu, 05 November 2016

Antologi sebagai Media Pengembangan Baca Tulis



Antologi sebagai Media Pengembangan Baca Tulis bagi Siswa

Antologi dapat dijadikan sebagai media pengembangan baca tulis bagi siswa. Antologi, secara harfiah diturunkan dari kata bahasa Yunani yang berarti "karangan bunga" atau "kumpulan bunga", adalah sebuah kumpulan dari karya-karya sastra. Awalnya, definisi ini hanya mencakup kumpulan puisi (termasuk syair dan pantun) yang dicetak dalam satu volume. Namun, antologi juga dapat berarti kumpulan karya sastra lain seperti cerita pendek, novel pendek, prosa, dan lain-lain. Dalam pengertian modern, kumpulan karya musik oleh seorang artis, kumpulan cerita yang ditayangkan dalam radio dan televisi juga tergolong antologi.
Menulis tentu membutuhkan ketekunan . Seorang siswa yang semakin tekun menulis, akan semakin baik tulisannya. Semua penulis profesional sepakat bahwa menulis adalah keterampilan (skill). bukan bakat. Semakin tekun menulis seseorang siswa akan semakin terampil sebagai penulis.
Bagi siswa tentu belum terbiasa menulis .Sebagai pemula, siswa wajar jika masih banyak hambatan dalam menulis .Hambatan dalam menulis bisa apa saja; gagasan yang buntu, tidak percaya diri, tidak punya ide,kurangnya kosa kata,tidak ada waktu dan lain sebagainya.Hambatan-hambatan ini tentu  hanya  dapat diatasi dengan membiasakan diri untuk membaca. Karena dengan membaca dapat menambah kosa kata dan dapat menemukan  ide-ide baru.
Banyak Manfaat yang diperoleh dari menulis,antara lain menulis dapat dijadikan sebagai Instrumen untuk mengembangkan ilmu, menuangkan opini/pendapat,memberikan pemikiran/solusi/saran tentang suatu masalah, dan yang penting untuk menyebarkannya ide-ide kita secara lebih luas.   
Nah bagi guru dan siswa dapat memanfaatkan Antologi sebagai Media Pengembangan Baca tulis.sebagai pemula tentu,belum banyak menghasilkan tulisan,bahkan tulisan yang baik.Namun demikian tidak perlu berkecil hati,siswa dapat bergotong royong membuat tulisan.
Jadi, jika ada beberapa orang siswa yang masing-masing baru memiliki satu atau dua tulisan,misalnya naskah cerpen, puisi, atau artikel bisa diterbitkan menjadi sebuah buku. Bagi pemula, turut serta untuk menulis buku antologi memiliki banyak manfaat, diantaranya: dapat memberikan motivasi untuk membaca dan menulis lebih banyak.Dengan demikian dapat mewujudkan hasil tulisannya dalam bentuk buku dengan nama sendiri. Dan dapat dijadikan sarana belajar antarpenulis antologi. Selain itu tentunya akan merasa ada kepusan tersendiri karena hasil tulisannya dapat diterbitkan menjadi sebuah buku yang bisa dibaca dan dinikmati orang lain.

Tidak ada komentar: